WOW Factor

#Management
WOW Factor, adalah pelajaran yang saya dapat dari Brad Sugar. Hal kecil yang membuat pelanggan anda terpesona. kejutan kecil yang anda berikan kepada pelanggan yang terasa besar bukan karena nilai kejutannya tapi karena cara anda mempersembahkan.
Ada beberapa tips cara memberi pelanggan anda kejutan berupa WOW factor.
Contoh sederhana, bayangkan anda mengunjungi sebuah floris, kemudian memesan bunga untuk kekasih, istri, orang tua di hari-hari yang sangat spesial. setelah menentukan bunga, ukuran dan alamat, sang floris meminta anda menliskan pesan. ternyata saat diterima, pesan tersebut berubah menjadi puisi yang begituh indah. Apa perasaan anda mendapat sambutan hangat dari pelanggan, kekasih atau mungkin rekan bisnis anda mendapat mendapat rangkaian kata-kata indah pada rangkaian bunganya ?
Sang floris memberi WOW faktor dengan menyediakan penulis puisi ditokonya yang siap mengubah pesan menjadi kata-kata indah yang memesona.
Contoh lain, seorang penjual karpet menghubungi seluruh database pelanggan mereka dan menawarkan GRATIS cuci karpet saat banjir melanda jakarta.
WOW, gratis? yes, dari 10 pelanggan yang diberi pelayanan gratis, 4 memutuskan untuk mengganti karpet baru. Berapa cost mencuci karpet dibandingkan dengan 4 pelanggan yang memutuskan mengganti seluruh rumah dengan karpet baru?
Anda bisa berhitung, dan jika 6 pelanggan tidak memutuskan untuk membeli sekarang, apa perasaan mereka menjadi pelanggan anda ?
Cerita GRATIS CUCI KARPET tidak hanya disimpan dalam hati atau justru menjadi sebuah kesempatan untuk membanggakan diri karena merasa diri mereka begitu spesial.
WOW faktor lain, yang tidak kalah sederhana adalah memberi diskon setelah pelanggan selesai transaksi, bukan dipajang besar-besar untuk menarik perhatian pelanggan.
Bisnis yang sukses mendapat perhatian dari marketnya, masih ingat baru-baru ini ada penulis buku bestseller yang melakukan " hujan uang " saat peluncuran bukunya ? ini adalah salah satu WOW faktor marketing yang luar biasa, sampai sampai diliput media masa dunia.

Ingat! WOW factor dan surprise tidak berarti jika pelayanan dasar anda tidak konsisten. 

sumber : buku "profit is king"  karangan Tom Mic Ifle
Previous
Next Post »